Belajar
 Tips Agar Tidak Cepat Bosan Saat Belajar Online

 Tips Agar Tidak Cepat Bosan Saat Belajar Online

Salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk menekan jumlah penyebaran virus covid-19 adalah dengan membuat kebijakan menutup sekolah selama kurang lebih 14 hari. Dengan begitu otomatis proses belajar disekolah berganti menjadi pembelajaran secara online di rumah.

belajar di rumah memang sangat berbeda dengan pembelajaran secara online di rumah. Belajar di rumah akan lebih membosankan karena tidak bertatap muka langsung dengan guru maupun teman. Nah, agar semangat anak dalam pembelajaran secara online di rumah tidak mudah bosan, lakukan beberapa trik berikut:

  1. Membuat ruang belajar yang kondusif

Suasana dirumah memang berbeda dengan di sekolah, sehingg terkadang membuat anak mudah malas dan proses belajar menjadi tidak maksimal. Agar anak bisa lebih betah dan nyaman saat belajar cobalah untuk membuat ruang belajar yang kondusif, dengan begitu anak akan lebih fokus.

  1. Lakukan aktivitas seperti biasanya

Meskipun proses  belajar dilakukan dirumah, namun sebaiknya anda tetap menerapkan jadwal aktivitas seperti hari biasa. Misalnya seprti bangun pagi, mandi sarapan tepat waktu dan lainnya. Dengan membiasakan hal-hal tersebut maka anak anda akan lebih semangat menjalani hari-harinya dirumah.

  1. Buat jadwal seperti jam belajar sekolah

Salah satu cara mendidik agar si kecil bersikap tanggung jawab adalah dengan membuat jadwal layaknya di sekolah. Dengan begitu anak anda akan belajar kapan waktu pelajaran dimulai, kapan waktu istirahat siang, kapan waktu pelejaran selesai dan sebagainya.

  1. Games

Hal lainnya yang juga mampu mendorong anak lebih aktif dan mau belajar dirumah adalah dengan menyiapkan games atau permainan. Menyiapakan games sederhana di rumah dianggap mampu mengasah kemampuan kognitifnya seperti di sekolah. Anda bisa bermain tebak-tebakkan untuk melatih daya ingat atau dengan permainan edukatif lainnya.

  1. Memberikan tugas

Tidak ke sekolah bukan berate juga tidak belajar, oleh karena itu pastikan  anak tetap melatih diri dengan banyak belajar. Saat di rumah tentu yang berperan menggantikan guru adalah orang tua, sehingga agar anak mau belajar cobalah dengan memberikan tugas khusus. Misalnya seperti menghafal perkalian, membaca cepat, memahami materi dan masih banyak lagi.