News
4 Manfaat Belajar Sistem Online Di Rumah

4 Manfaat Belajar Sistem Online Di Rumah

Saat ini, mayoritas dari segala kegiatan manusia nyaris dilakukan secara online, dari mulai belanja, komunikasi hingga pembelajaran secara online. Namun beberapa orang tua masih ada yang ragu untuk memperkenalkan metode pembelajaran secara online ini karena khawatir sang anak akan kecanduan gadget dan internet.

Namun sebenarnya belajar via online memiliki banyak manfaat yang bisa melengkapi proses belajar anak selain di sekolah. Dengan menggunakan internet berbagai sumber informasi belajar bisa anda temukan. Selain itu juga terdapat aplikasi yang interaktif dan mendidik, dengan tampilan visual yang menarik sehingga membuat proses pembelajaran secara online menjadi menyenangkan. Adapun manfaat belajar online lainya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan literasi internet

Di era digital ini memang semua orang dituntut agar mampu berliterasi sengan internet, seperti berkomunikasi, mengakses informasi dan berkolaborasi. Selain penting dalam proses pembelajaran, kemampuan ini juga penting dalam pekerjaan kelak dan kehidupan secara general. Namun kemampuan interne anak juga harus mendapat control penuh dari orang tua, agar konten-konten yang buruk tidak dikonsumsi.

  1. Mengakomodasi banyak gaya belajar

Setiap anak tentu memiliki gaya belajar yang berbeda-beda termasuk dengan gaya mengajar gurunya di sekolah. Hal ini bisa saja membuat sanga anak tidak betah dan malas. Dengan belajar sistem online, maka akan membantu mengakomodasi gaya belajar anak karena metode dan materinya berbeda-beda. Cara belajar yang anak sukai bisa anda dapatkan dengan mudah secara online, apakah lewat tulisan, gambar atau video.

  1. Mengajarkan tanggung jawab dan kedisiplinan

Karena belajar onlinen sifatnya fleksibel maka dibutuhkan kedisiplinan, konsisten, motivasi diri dan kemampuan mengatur waktu. Ada waktunya anak harus belajar mengatur waktunya sendiri karena guru tidak selalu mengingatkan. Sehingga dengan begitu anak akan belajar tentang tanggung jawab dengan pembelajarannya sendiri.

  1. Bebasa bereksplorasi

Belajar dengan sistem online memang memiliki kebebasan dalam memilih apa yang ingin anak pelajari. Hal tersebut akan membuat anak lebih terdorong dengan sendirinya untuk belajar tanpa harus ada paksaan. Selain itu pembelajaran online juga mampu mendukung pembelajaran yang telah didapatkan anak di sekolah.